Jadwal Perkiraan Hujan di Jawa Timur menurut BMKG: Jombang, Blitar dan Mojokerto Ternyata Selesai Musim Kemarau Pada Bulan Ini

Jadwal Perkiraan Hujan di Jawa Timur menurut BMKG: Jombang, Blitar dan Mojokerto Ternyata Selesai Musim Kemarau Pada Bulan Ini

ilustrasi-osman-rana/unplash-

RIVAL.co.id - Jadwal Perkiraan Hujan di Jawa Timur menurut BMKG: Jombang, Blitar dan Mojokerto Ternyata Selesai Musim Kemarau Pada Bulan Ini. 

BMKG juga memberikan prakiraan musim hujan 2023/2024 di berbagai wilayah Indonesia.


mg1

Dalam periode Oktober-Desember 2023, diperkirakan ada 477 Zona Musim (ZOM) yang memasuki awal musim hujan.

Namun, 446 ZOM akan mengalami awal musim hujan yang lebih lambat dari biasanya, sementara 56 ZOM berada dalam kondisi normal dan awal musim hujan yang lebih cepat dari biasanya mencakup 22 ZOM.

Untuk puncak musim hujan, sebanyak 351 ZOM diperkirakan akan berlangsung pada jadwal normal.


mg2

Sementara itu, 203 ZOM akan mengalami penundaan dari jadwal normal dan 145 ZOM akan mengalami percepatan dari jadwal normal.

Baca juga: Cara Nonton Yandex di Google Chrome Tanpa VPN: Solusi Mudah dan Cepat Mengatasi Konten Terblokir

Baca juga: Kapan DKI Jakarta Hujan Menurut BMKG? Simak Jadwal Lengkap Awal Musim Hujan Beserta Prediksi Berapa Lama

"Puncak Musim Hujan 2023/2024 di sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2024, dengan jumlah 385 ZOM (55,08%)," demikian yang tertulis dalam pernyataan BMKG.

Jika dibandingkan dengan kondisi normal, puncak musim hujan 2023/2024 diperkirakan akan sejalan dengan tingkat normalnya di sebagian besar daerah, yaitu 351 ZOM (50,21%).

Namun, beberapa wilayah diperkirakan akan mengalami penundaan (203 ZOM atau 29,04%) dan percepatan (145 ZOM atau 20,74%) dibandingkan dengan tingkat normal.

Dengan demikian, Indonesia bersiap menyambut musim hujan yang membawa harapan kesegaran bagi alam dan masyarakatnya.

Baca juga: Kemarau Panjang! Warga Karanganyar Lakukan Shalat Istisqa di Lapangan Raden Mas Said: Kapan Jadwal di Jawa Timur?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr